Sunday, October 07, 2007

Cerita di balik robohnya sebuah gedung bertingkat

pada suatu hari ada seorang pengusaha yang ingin membangun sebuah gedung pencakar langit tercanggih dari yang sudah pernah ada. tim konsultan dari berbagai bidang ilmu sudah di panggil dan dimintai advise. anehnya semua konsultan bilang tidak layak karena tidak ada analisa sebelumnya. tapi anehnya lagi si pengusaha ngotot bahwa idenya lah yang paling bagus. akhirnya di bentuklah tender dan dimenangkan oleh "asosiasi kuli se notog". dan mandor kepala memerintahkan anak buahnya untuk memulai saja pekerjaannya biar cepat beres. tanpa berdasar rencana arsitektur si mandor mulai bikin pondasi. pekerjaan berlangsung cepat sekali karena kebetulan anak buah si mandor ini lama sekali tidak narik becak. saking cepatnya dalam waktu 1 minggu sudah terbangun 4 lantai.
disini lah cerita dimulai, untuk ukuran orang normal membangun gedung 4 lantai itu proyek luar biasa cepat namun lain cerita dari sisi si anak buah perusahaan "asosiasi kuli se notog". karena kuli nya sudah lama sekali tidak bekerja bangunan, mereka mulai bosan. dari kebiasaan duduk narik becak sambil minum bir dan judi di perempatan sekarang mereka harus kerja keras. mulailah mereka melakukan tindakan aneh-aneh dari mulai nyolong semen sampai besi cor. timdakan ini diketahui oleh seorang asisten mandor. hingga pada minggu ketiga ketika gedung sudah mencapai tingkat 10. pada siang terjadi tragedi robohnya gedung hingga menimpa seluruh kulinya.
hal ini menjadi berita hangat dan diperiksa polisi saksi korban semuanya bilang tidak tahu hingga polisi menemukan bukti bahwa material bangunan dicuri oleh beberapa kulinya. hal ini menyeret asisten mandor menjadi saksi kunci. dan di meja penyidik saksi mandor bersikukuh bahwa meskipun dia melhat pencurian tersebut hal itu bukanlah tanggung jawabnya karena dia hanya sebatas asisten mandor pengawas kuli. dan menurut asisten mandor ini hal itu merupakan tanggung jawab mandor seluruhnya. dan ketika penyidik menanyakan apakah asisten mandor melaporkan hal ini dan di jawab dengan tegas dengan kata "saya tidak perlu lapor karena hal ini merupakan tanggung jawab mandor dan saya cuma kuli"
hikmah yang bisa diambil adalah kerja sama dan koordinasi sangat penting dalam segala hal yang menyangkut pekerjaan yang melibatkan banyak orang. pola pikir yang mengatakan bahwa seseorang hanya bertanggung jawab sebatas pekerjaannya dan dia tidak memikirkan rekan kerja lainnya harus segera di binasakan dan orang yang berpikir seperti itu dalam organisasi harus segera di buang.

22 comments:

Anonymous said...

orangnya sudah dibuang, dan orang itu adalah pemilik blog ini, orang yang gagal tapi tidak mau mengakui kegagalan, hatinya ditutupi oleh nafsu kesombongan, audzubillahimindzalik ! :shakehand

Anonymous said...

ada kalanga sebuah interospeksi diri itu sangat penting...
tidak hanya memandang kesalahan itu terjadi namun akan lebih bijak lagi jika kita bisa tahu asal atau sumber kenapa kesalahan itu bisa terjadi..
karena penanggung jawab tertinggi dalam sebuah perusahaan adalah pemimpin perusahaan itu sendiri..
jika pada kasus ini adanya "pencurian" dan "keep information" membuktikan lemahnya kontrol dari si pemimpin sendiri...
kelemahan ini bisa terjadi karena beberapa sebab diantaranya:
- kurangnya kedekatan moralitas antara pimpinan dan bawahan
- kesenjangan sosial yang tidak mampu di atasi
- tidak adanya perhatian dari pimpinan kepada karyawannya

jika memang terjalin hubungan yang sehat antara pimpinan dan karyawan mungkin kasus diatas tidak akan terjadi atau bisa diminimalisir


terimakasih

ttd,






mantan anak buah

Anonymous said...

Inti dari cerita tersebut adalah.
Ada seorang pemimpin perusahaan, yang asal bacot memberi statement yang merugikan perusahaannya sendiri.
Hingga suatu saat perusahaan itu pailit karena berbagai macam persoalan dan ketidakbecusannya memimpin perusahaan itu.
Dan disaat perusahaan itu bangkrut pemimpin perusahaan itu malah lari.
Jangankan bicara dengan karyawannya mengenai masalah ini, pergi kantor yang menjadi kebaanggaannya dulupun tidak pernah sama sekali
Pemimpin perusahaan itu tidak punya rasa tanggung jawab, pengecut bahkan sebutan yang tepat.
Ketika dulu perusahaannya sedang bersinar, dia tampil paling depan, dia crita ke semua orang, bahkan ke orang gila sekalipun.
Bahwa dia sukses memimpin sebuah perusahaan.
Tapi disaat perusahaannya dalam proses pailit hingga benar benar dinyatakan pailit, batang hidungnya tidak pernah muncul.
Handphone selalu di reject jika ditelpon, padahal itu telpon dari karyawannya yang akan menanyakan nasibnya.
Lalu dimana tanggung jawab seorang pemimpin perusahaan ini?
Yang katanya pintar, pandai, jenius, lulusan S1 dan sedang menempuh pendidikan S2??
Entahlah, mari kita tanyakan ke yang punya blog ini ...
Mungkin beliau bisa menjawab?

Anonymous said...

Dimana-mana apabila ada suatu perusahaan yang mengalami pailit atau bangkrut yang pertama kali bertanggung jawab adalah direktur. Dia tidak becus dalam memimpin anak buahnya. Dan yang tragis dia malah menyalahkan anak buahnya sendiri. Dan ketika perusahaan bangkrut direktur malah melarikan diri layaknya seorang KORUPTOR!!!!

Anonymous said...

woi kae di goleti kaji amad
jere ko utang 200 juta urung dibalekna ya?
ya ati ati bae :D

Anonymous said...

Kuli juga punya hati

Orang bijak berkata "Menepuk Air Didulang Terpercik Muka Sendiri"

k'lo ingat kata² di atas rasanya enggan & malu u/ berkomentar. tapi akan lebih tidak bijak lagi k'lo tidak saling di mengingatkan.

Karna "DEBU DI TENGAH LAUTAN AKAN TAMPAK JELAS DAN GAJAH DI PELUPUK MATAN TIDAK AKAN NAMPAK"

maaf :
masih terngiang ditelingaaaa kuuuuuu (eh ke ingetan lagu Siti Nurzanah)
+ kalo bukan karna saya mereka gak bakalan nyampe ke sono-sono
+ saya yang molai membenahin perusahaan ini ( mengangap semuanya bobrok , semuanya korup padahal wah "Capek deeeee...h..."
+ .... aduh saya lupa ( banyak lagi kata-katanya seraya menepuk dada dan membanggakan diri)

- saya sudah di permalukan sama orang wangon, orang subang etc. padahal omongan itu di lontarkan untuk menghilangkan rasa bersalah dan melempar kesalahan. seperti biasa sifat selalu membanggakan diri dan menjanjikan hal² yang muluk demi meluluskan ambisi nya.

si kuli ini sangsi kalo orang ini masih punya kemaluan karena segala sesuatu selalu di kaitkan dengan hal-hal yang goib berbau KEDIGjayaan bukan lagi rasio.

---
pantas lah kalo gedung itu runtuh karena di mandori oleh seorang mandor yang pengecut yang untuk menegur kesalahan kulinya saja tidak punya kemampuan.
padahal puluhan SINGA saja bisa tunduk dan takluk haya pada seorang pawang kecil.

dan prahnya lagi lebih cenderung curhat di blog mungkin karena blog dianggap enggak bisa menyangkal, manut waaaaaaaaagh dasar PENGECUT ..... !

Anonymous said...

blog juga manusia kaleeee

Anonymous said...

de schande op u ! bekijkt uw personeel! zij werken van dageraad aan verder voor hun familie, en zei u dat zij slechts hun familie denken? u bent verwart trully de mens, schande op u !

Anonymous said...

semoga menjadi bahan renungan

Anonymous said...

kasian sekali komentatornya.
sudah tidak berlaku jujur malah ngumpat umpat.
opini yang anda bentuk akan gagal klo anda tidak merubah sikap menjadi profesional. buktikan dengan bos yang baru anda semua bisa bawa perusahaan jadi perusahaan yang besar. buktikan dah omongan anda itu klo memang anda semua bisa. klo memang saya salah biar waktu yang buktikan. kami sudah rugi banyak dari sisi materi tapi itu resiko kami sebagai investor.
pengalaman kerja saya selama ini selalu meninggalkan kesan baik. karena adanya koordinasi yang baik. baru sekali saya kerja dengan tim anda saya gagal, karena tidak adanya integritas, akuntabilitas, responsibility dan transparansi. semua perusahaan yang ingin besar butuh semua komponen itu. dan klo anda punya buktikan saja dengan bos baru dan waktu yang akan buktikan. saya hanya akan jadi pemantau saja. jika gagal maka jangan salahkan orang lain tapi salahkan diri anda juga.
perusahaan tergantung dengan karyawannya dan juga sebaliknya. tapi dengan bos yang baru ini jangan buat bos anda tergantung dengan anda jika itu terjadi maka hanya akan terjadi ketidaktransparanan informasi.

anda cam kan saja dan coba renungkan baik2 tulisan saya ini. "tuhan tidak akan merubah nasib umatnya jika bukan umatnya sendiri yang berusaha merubah nasibnya"

jangan buang energi anda buat tulis umpatan karena yang baca tau semua bahwa ini tulisan org yang pernah kerja sama saya di qnap purwokerto, anda juga akan rugi sendiri. anda semua masih muda masa depan masih panjang.
saya sudah rugi banyak kerjasama dengan anda semua. tapi saya tdk hanya mengumpat, tapi kerja keras. tulisan yang saya buat selama ini hanya buat peringatan saja. cara bisnis kita jauh beda, anda cuma bicara tanpa pikir saya pikir dulu baru bicara.

buktikan anda mampu jadi profesonal

Anonymous said...

Sampai anda matipun, kami tidak akan pernah memaafkan kesalahan anda yg notabene penderita pernyakit kelamin kronis (sipilis). Biarlah tangan, kaki, tubuh, mata, telinga anda menjadi saksi di neraka kelak. Dan ingat! Suatu saat pada suatu hari nanti, balasan itu pasti datang 1000 kali bahkan kami berharap apa yang anda telah perbuat akan mendapat balasan yang jauh melebihi apa yang kami rasakan sekarang ini. Amin.

Anonymous said...

dear adi


piye kabare.......
paling mumet karo stress jadi satu plus bonus bingung.......

kayaknya aku gak berani neruskan binis apapun dengan bos asal orang sampang, buat aku kegagalan yang ada lebih di sebabkan karena human error. baru sekali ini aku kerja dengan bos yang merasa dirinya paling hebat di muka bumi. sehingga dia seolah olah tidak butuh orang lain lagi. selama pengalaman ku kerja yang aku perhatikan adalah antara perusahaan dan karyawannya saling tergntung satu sama lain. tapi baru di purwokerto ini aku melihat ada perusahaan yang sangat tergantung dari mood dan itikad baik bosnya.
nasi sudah jadi bubur. jika di militer tidak ada anak buah yang salah yang ada adalah jendral yang harus bertanggung jawab, tapi nyatanya jendralnya malah pergi ga mau tanggung jawab.

i hope you understand maybe this cases make us more expert in bussiness.
i miss you all guys

Anonymous said...

rika tuli kelebon jin ! kudu dirukiyah men sadar kesalahane !

Anonymous said...

asli ngakak aku baca komentar2 nya

boss adi habis manis kok malah kabur?

bukankah segala persoalan harus di hadapi harus diselesaikan dengan kepala dingin. dimana tanggung jawab anda sebagai direktur? saya harap anda jangan saling menyalahkan hadapilah dengan gentlemen

seperti yang anda tanamkan

jadilah profesional

Anonymous said...

miko celek lah, ko mbok pada bae nggawa duit, pada2 korupsi, usah crewet kowe

Anonymous said...

miko kembalikanlah duit kami, saya sudah setengah mati mencari uang hanya untuk menutup kerugian teman saya di balikpapan yang uangnya kamu bawa.
kemana hati nurani mu miko. balikpapan kamu dapat duit 180 juta, samarinda 140 juta melak 190 juta. mana janjimu katanya bisnis ini bisnis tidur. saya bukan orang pintar saya tidak pernah sekolah tinggi. saya cuma percaya karena kamu berjenggot, berjidat hitam, sholat rajin dan menantu kyai temanggung di temanggung.
jangan kamu berkoar koar seolah seolah kamu orang paling benar. jika kamu tidak merasa salah kenapa malah kamu yang kabur. sudah banyak yang dirugikan oleh tindakanmu.
sekarang saya berusaha mati2 an kumpulkan uang untuk kembalikan uang krishna, acang dan haji yasa. klo kamu memang punya hati kembalikanlah bertahap uang krishna yang kamu bawa, minimal kamu kembali ke samarinda jangan hanya komentar aja.

Anonymous said...

free mp3 at mp3ok.net

Anonymous said...

Заработок в сети [URL=http://wmr1000.ru/]online заработок в Интернете[/URL] Продажа трафика. Новости, бонусы wmg и многое другое. Основы поисковой оптимизации : раскрутка сайта, различные факторы продвижения, отслеживание результата. Просто и понятно.

Anonymous said...

Игры, ставшие культовыми... Игры, несправедливо забытые... Игры, которые нынче можно [URL=http://oldgamer.ru/]абсолютно законно и полностью бесплатно скачать[/URL]!

Anonymous said...

Тюнинг, запчасти, обмен опытом, форумы мазда 6

Anonymous said...

Оригинальные телефоны Vertu, Киев. Все престижные телефоны ведущих производителей мира (Ветру, Диор, Мобиадо) представлены в нашем каталоге. Доставка в день заказа, ремонт и обслуживание телефонов Верту, Киев.
http://luxgroup.com.ua

Anonymous said...

ASTAGHFIRULLOHALNGAZIM...,,